Monday, October 13, 2014

3 Pantai Unik di Indonesia


Pink Beach
Pink Beach, Komodo
Berada di kawasan Taman Nasional Komodo, tepatnya berada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Dinamakan Pink Beach karena pantai ini memiliki pasir yang kemerah-merahan. Belum diketahui secara pasti dari mana asal muasal warna pasir merah muda yang cantik ini. Beberapa berpendapat bahwa warna pink berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati dan memang banyak ditemukan di pantai ini. Pendapat lain menyebutkan warna pink pada pasir Pink Beach adalah karena adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang.
Selain Pink Beach, Pulau Komodo juga memiliki panorama bawah laut yang luar biasa dan pemandangan alam  yang indah. Pantainya yang sepi akan memberikan kesan eksklusif. Namun perlu diingat, bahwa pulau ini adalah habitat dari tuan rumahnya, Komodo. Jadi sangat tidak disarankan untuk berenang jika terlihat ada Komodo di sekitar pantai, karena Komodo juga jago berenang. Karena itu, kunjungilah pantai bersama pemandu atau jagawana.
Selain di Indonesia, Pantai berpasir merah juga dapat dijumpai di 6 daerah lain di Dunia. Antara lain, Pink Beach di Harbor Island Bahamas, Bermuda, Santa Cruz Island Filipina, Sardinia Itali, Bonaire Dutch Caribbean Island, dan di Balos Lagoon Crete Yunani.
Segara Anakan
segara anakan
Terletak di Pulau Sempu, merupakan pulau konservasi yang masuk ke wilayah Malang, Jawa Timur. Segara Anakan adalah sebuah laguna yang dikelilingi batuan karang sehingga memisahkannya langsung dari laut lepas, hanya ada sebuah celah kecil yang sesekali menghempaskan  air masuk ke laguna saat ombak dari laut datang. Kondisi alam ini membuat Segara Anakan mempunyai air yang sangat tenang dan membuat pantainya yang berpasir putih halus tersembunyi dari luar.
Segara Anakan semakin terkenal karena sering disanding-sandingkan dengan Maya Beach yang terletak di Pulau Phi Phi, Thailand, yang menjadi terkenal karena pernah dijadikan lokasi utama syuting film bertemakan petualangan Hollywood yang dibintangi artis Leonardo DiCaprio, berjudul The Beach.
Pantai Tanjung Aan
pantai tanjung aan
Terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain lautnya yang jernih, keunikan pada pantai ini terlihat dari bentuk pasirnya yang agak besar seperti merica. Tetapi pasir merica ini hanya terdapat di area bibir pantai, naik sedikit dari pantai maka akan terlihat pasir putih dalam ukuran normal. Letaknya agak terpencil dari keramaian, membuat suasana di pantai ini sangat tenang. Selain berenang, biasanya turis juga datang untuk berselancar.

0 comments:

Post a Comment